Cara Mengatasi Gagal install WSA (Windows Subsystem for Android™️ )

Hallo kembali lagi di Wills Tech, kali ini saya akan membagikan tutorial terkait installasi WSA atau (Windows Subsystem for Android™️ ), jadi sebelum kalian mengintall WSA ini di laptop atau komputer kalian perlu kalian perhatikan ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar nantinya  kalian dapat menginstall serta menjalankan WSA ini dengan lancar.

 


Sekilas saja, WSA (Windows Subsystem for Android™️ ) ini merupakan bisa kita katakan emulator yang dapat kita install di suatu sistem operasi tertentu, sistem operasi apa itu nanti kita bahas lebih lanjut. 

 

Windows Subsystem for Android™️ memungkinkan perangkat Windows Anda menjalankan aplikasi Android yang tersedia di Amazon Appstore. Android adalah merek dagang dari Google LLC. 

 

Sebenarnya WSA ini lebih ditujukan ke pengembang dahulu untuk saat ini, akan tetapi telah banyak orang-orang dari luar negeri maupun dalam negeri yang telah mencoba menginstall WSA ini dan mereka cukup nyaman mengguunakannya di laptop atau Komputer mereka.

 

Ok baiklah, setelah mendengar sejarah singkat tentang Windows Subsystem for Android™️ kali ini saya akan memberikan list apa saja yang harus diperhatikan pada saat kita ingin menginstall Windows Subsystem for Android™️ WSA ini di perangkat, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan:

 

1.      System Operasi yang di Dukung

Seperti yang sebelumnya saya katakan harus menggunakan perangkat atau lebih tepatnya System Operasi Windows yang mendukung. Untuk saat ini system operasi Windows yang didukung hanyalah Windows 11 dengan Build yang terbaru mulai dari Build 22000.613 hingga yang lebih tinggi.

Untuk pertanyaan sebagian banyak orang adalah apakah dapat di Install di Windows saya yang lama atau Windows 10? Sayangnya sampai saat saya membuat artikel ini Windows 11 Dengan Build 22000.613 ke atas lah yang dapat di support oleh WSA ini.

2.    Hardware  yang mumpuni

Setelah persyaratan yang terpenting di atas terpenuhi, akan dibutuhkan hardware yang mendukung untuk dapat menjalankan WSA ini di Windows 11 kita salah satunya adalah RAM, di sini developer WSA telah mengatur Android ini untuk direkomendasikan menggunakan RAM minimal 8 GB(minimal loh bukan maksimal), kenapa hal ini harus kita lakukan?, jika kita tidak memenuhi persyaratan ini maka akan terjadi beberapa masalah yang timbul, salah satunya “Pop up notifikasi RAM yang di install Kurang dari 8GB” hal ini  dapat menyebabkan lagging juga saat menjalankan WSA ini jika berhasil pun di install di RAM dibawah 8GB.


3.    Penyimpanan Yang Cukup lega dan cepat

Ya tentu saja, sangat disarankan menyedikan ruang penyimpanan yang setidaknya 64GB-an (ini saran dari saya saja) akan lebih baik sisa menyimpanan di laptop atau komputer kalian di atas 128GB. Selain itu akan dibutuhkan penyimpanan yang cepat untuk mengakses data-data penting di WSA ini dan di sarankan menggunakan SSD bukan HDD(lagi-lagi ini saran dari saya pribadi).


4.   Registry Windows yang Tidak banyak di modifikasi

Yang satu ini bersifat vital ya, dimana kalian telah memenuhi semua  persyaratan di atas tapi kalian masih saja menemukan error saat ingin menginstall WSA ini di laptop atau komputer kalian, ya salah satu penyebabnya adalah registry windows kalian yang telah kalian modifikasi. Contohnya: ERROR HRESULT 0x80070005, ERROR HRESULT 0x80073FCF0F, atau error yang lainnya kalian jumpai saya harap saya dapat menemukan cara menatasinya di artikel ini.

Baiklah, segitu saja dari saya apa saya yang harus diperhatikan sebelum menginstall WSA Windows Subsystem for Android™️ di Laptop atau pc kita, saya Will’s Tech pamit see you on the next artikel.

 

 

Lebih baru Lebih lama